Detik-Detik Kepergian

Hari Kemenangan, tidak lama lagi ia akan datang. Bertanda sesuatu yang lain akan meninggalkan kita. Tertiup angin kegelisahan dalam jiwa. Melihat diri yang masih bermandikan lumpur dosa. Sudahkah jiwa ini memperoleh ampunannya? Sudahkah hati ini kembali pada fitrahnya? Hingga ketika takbir berkumandang, layakkah kemenangan itu kita peroleh? Tidak ada yang mengetahui rahasia ketakwaan seseorang, melainkan hanya kepada Allah-lah semua itu ditentukan. Lalu dari mana engkau tahu dirimu layak memperoleh kemenangan itu?

Wahai bulan suci penuh barokah, mengapa terlalu cepat engkau meninggalkan kami? Mengapa begitu cepat engkau kan berlalu? Dalam lambaian keteduhan, engkau kan pergi membawa semua rahmat bagi semesta alam. Tidakkah begitu banyak engkau limpahkan kasih sayangMu atas kami, melainkan hanya sedikit sekali hati ini bersyukur.

Ampuni jiwa yang selalu lupa akan nikmatMu. Ampunin lisan yang seringkali enggan menyebut namaMu. Ampuni mata yang terkadang lelah membaca ayat-ayatMu. Ampuni telinga yang tak mampu mendengar merdunya lafaz mukjizatMu. Ampuni hati yang sering merasa lebih baik dari orang lain. Ampuni diri yang terlalu lemah mengemban amanah. Dalam kerapuhan iman, hati ini seringkali tergelincir dalam dosa.

Wahai bulan kemuliaan, janganlah terlalu cepat engkau berlalu. Janganlah engkau bergegas meninggalkan kami. Takut hati ini ya Rabb. Pedih jiwa ini ya Rabb. . . Dalam tetesan air mata, kami bersimpuh malu akan kehinaan dihari-hari yang lalu. Jejak hitam nan kelam, semoga terahapus lembut dalam lembaran putih keimanan.

Begitu indah rahmatMu ya Rabb. Izinkan kami kembali dalam keteduhan ridhoMu selepas ia meninggalkan kami nanti.

Allahumma innaka afuwunkkariim. . tuhibbul afwa fa’fuanna ya kariim. . .

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s