Memetik Hikmah dalam Hijrah

Bismillah…

Dua malam setelah hijrah dari Asramaku tercinta menuju tempat tinggal baru. Berbagai hal baru, terhampar dalam tiap detik kehidupan baru. Yah, pada hakikatnya hijrah ini bermakna lebih dari sekedar acara pindahan kost, akan tetapi sebuah langkah baru menuju perubahan dan tujuan yang ingin tercapai. Momen ini, menjadikan diriku satu langkah lagi untuk lebih mendekati kehidupan yang sesungguhnya. Sangat menyenangkan, sangat bersemangat menapaki langkah-langkah menggapai cita-cita. Meski kerap kali pikiran buruk semacam musibah, hambatan, kekurangan kerap mengahantui hari-hari di ‘rumah baru’. Untukku, sama sekali tidak masalah. Bahkan menjadi saat-saat yang sangat menantang,  menanti apa yang akan terjadi di hari esok, entah itu rezeki, kemudahan, ujian, cobaan, atau yang lain. Semua, Insya Allah akan kuterima dengan ikhlas. Karena dalam keyakinanku ‘Semakin berat ujian yang diperoleh seseorang, maka semakin tinggi kualitas orang itu nantinya.’ Yah, begitulah cara Allah mecintai setiap hambaNya, karena dengan cobaan dan ujian, Ia menginginkan kita menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Lantas, dengan tempat tinggal yang baru, bukan berarti melupakan tempatku sebelumnya. Asramaku tercinta, tempat semua mimpi dan cita-cita berawal, tempat berjuta kenangan, pengalaman, dan perjumpaan dengan orang-orang hebat berawa. Sedih ketika harus meninggalkannya, tapi sesungguhnya ia tidaklah jauh. Asramaku, kamarku tersayang, kesejukan D1.208 akan selalu kubawa dalam hari-hariku sampai kapanpun. Walaupun memang masih ada hal yang belum terselesaikan untuk asramaku, (hehe, mungkin disengaja karena belum siap meninggalkan kenangan-kenangan indah di asrama)

Setiap awal, bertanda akhir dari sesuatu yang lain. Akan tetapi, bukan berarti menghapus ia yang dulu menemani kita  menggapai hal baru. Karena semuanya, adalah bagian dari proses besar yang direncanakan Allah oleh kita. Tidak perlu ada kata melupakan, bagi apapun yang pernah menjadikan kita lebih baik, lebih kuat, dan lebih berkualitas dari sebelumnya. Untuk semua, segala puji syukur aku panjatkan bagi Allah swt, Maha Mulia Zat yang selalu mencintai, memperhatikan, menyayangi setiap hambaNya. Semoga segenap niatan hati dan langkah tubuh ini, mampu menjadi kekuatan dalam perjalanan membangun kejayaan agamaMu. Amin

Subhanallah, walhamdulillah wallahu akbar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s