Think Different with Physics

Paradigma buruk masyarakat yang melihat fisika sebagai suatu hal yang sulit, pada awalnya menjadikan saya cukup goyah ketika akan memasuki kehidupan sebagai seorang mahasiswa fisika. Akan tetapi, sedikit keyakinan dan rasa syukur ternyata menghantarkan saya pada dunia yang kini sangat saya nikmati. Fisika, yang selama ini orang anggap begitu rumit, ternyata memiliki sejuta kesan dan misteri yang ada di dalamnya.

Banyak hal yang berubah pada diri saya setelah hampir setahun menjalani dunia sebagai ‘anak fisika’. Mulai dari cara pandang, tujuan hidup, atau bahkan hobi saya sehari-hari, hampir semuanya sudah dipengaruhi oleh fisika. Ada beberapa hal yang menurut saya begitu penting dalam memahami fisika sebagai jalan memahami diri saya sendiri.

Fondasi Kemajuan Teknologi

Bagi masyarakat awam, mungkin hal ini tidak begitu diyakini oleh mereka. Bahwa,  basis kemajuan teknologi sangat dipengaruhi oleh kemajuan sains dari suatu bangsa. Seperti contoh, di negara-negara eropa seperti Jerman, Prancis dan Inggris. Sains bahkan menjadi sebuah tujuan hidup bagi sebagian besar orang pintar disana. Hasilnya, industri pesawat terbang, nuklir, dan berbagai terapan teknologi mutakhir lahir dari negara-negara tersebut. Hal inilah yang saya yakini sebagai sebuah dasar untuk memajukan fisika. Di tengah arus gejolak sosial yang terus menjadi topik utama negara ini, kemajuan Sains Fisika nantinya semoga dapat menjadi jalan keluar bagi berbagai permasalahan yang ada.

Memahami Lebih

Tengoklah, suatu contoh fenomena fisika seperti benda jatuh. Fenomena klasik yang seringkali menjadi cibiran orang-orang non-fisika. Ketika anda fenomena itu dihadapkan pada orang-orang yang ‘kurang memahami fisika’, kisah benda jatuh tadi tidak ubahnya hanya hal sepele yang begitu terabaikan. Mungkin pertanyaan yang terlintas adalah, apa yang jatuh? Atau siapa yang menjatuhkan? Berbeda dengan tinjuan dari orang-orang fisika. Mereka akan bertanya, mengapa benda itu bergerak jatuh?

Seperti itulah orang-orang fisika, mereka diajarkan sesuatu tentang cara berpikir yang berbeda. Lebih dari sekedar mengetahui apa yang terjadi, tapi lebih melihat sesuatu secara mendalam, memahami bagaimana hal itu terjadi. Ketika proses memahami sudah terlewati, barulah kita diajarkan bagaimana cara menangani masalah itu dengan cara yang sistematis dan logis. Sehingga nantinya kita dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan langkah yang tepat. Itulah yang diajarkan oleh Fisika, cara pandang yang berbeda, lebih dari ‘mengetahui’ sesuatu, tapi ‘memahami’ secara mendalam dengan kaidah berpikir yang sistematis dan logis. (berat banget ya kalimat terakhir. hehehe)

Berpikir Global

Berbeda dengan kasus sosial dimana setiap masyarakat tertentu memiliki spesifikasi dan karakteristik tersendiri. Berbagai kasus sains, berlaku secara global selama kita berada pada dimensi ruang dan waktu saat ini. Ketika kita berbicara suhu, fenomena gerak, ataupun fenomena optik dan lain sebagainya, kita diberikan kemudahan untuk meninjau fenomena tersebut dengan dasar-dasar pemikiran yang sama yang digunakan oleh masyarakat fisika di seluruh dunia. Artinya, pada awalnya setiap orang diberikan modal yang sama untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada di dunia. Hal ini menyadarkan kita bahwa, pada dasarnya kita adalah bagian dari sebuah fenomena global. Maka seharusnya, kita juga tidak hanya memikirkan hal-hal yang bersifat lokal, terbatas pada suatu luasan areal tertentu. Akan tetapi, memikirkan hal-hal yang bersifat lebih luas, global dan universal.  Ketika menyadari bahwa kita merupakan bagian dari sebuah fenomena yang sifatnya begitu luas, kita juga dituntut untuk bertindak tidak hanya dalam skala lokal tapi juga jauh kedepan, dalam luasan dimensi yang lebih besar.

Secara garis besar Fisika mengubah cara pandang dan cara berpikir saya dalam melihat suatu kejadian. Hal ini menurut saya sangat penting untuk menentukan bagaimana kita bertindak menentukan langkah yang tepat dalam merespon suatu kejadian. Ini merupakan modal berharga yang saya dapatkan sejak pertama kali terjun hingga saat ini berada pada bidang Fisika. Bersyukur mungkin adalah langkah awal yang paling baik atas jalan yang diberikan kepada saya oleh Allah swt. Dan untuk selanjutnya, tinggal bagaimana kita berusaha, menjalani dengan sebaik mungkin anugerah yang telah diberikan agar mampu memberi manfaat bagi seluruh alam semesta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s