Indonesia : Simbol Keharmonisan dalam Keberagaman

Ribuan pulau menyusun indahnya negeri Indonesia. Membentang luas sepanjang Sabang hingga Merauke. Daerah yang tersebar luas mewariskan begitu banyak tradisi dan kebudayaan. Itulah Indonesia, negeri yang dianugerahi bukan hanya kekayaan alam tapi juga kekayaan tradisi dan budaya.  Tentu saja semua berdampak pada berbagai macam perbedaan dan karakter masyarakat.  Akan tetapi, sebagian dari orang Indonesia  belum menyadari bahwa perbedaan yang ada, adalah sebuah anugerah. Banyak yang masih beranggapan bahwa perbedaan suku, etnis dan adat budaya merupakan penghalang bagi terciptanya hubungan dan komunikasi yang baik antara satu dengan yang lain. Sudah begitu banyak perselisihan yang terjadi dikarenakan perbedaan-perbedaan suku, golongan, etnis, atau agama. Mulai dari perasaan sentimen bahkan sampai berujung pada konflik dan tragedi yang menyebabkan korban jiwa. Tengok saja kerusuhan di NTT beberapa waktu yang lalu, hingga kasus konflik mengerikan di Sampit dan Madura. Hampir setiap tahun terjadi kerusuhan antar suku di berbagai daerah di Indonesia. Bukankah ini menyadarkan kita, bahwa pemahaman kita akan menghargai perbedaan masih begitu jauh dari sempurna.

Jika kita mencoba memahami  lebih mendalam, tradisi yang dan kebudayaan yang dimiliki tiap-tiap suku memiliki nilai yang membentuk pola hidup masyarakatnya. Nilai-nilai tersebut melahirkan kelebihan-kelebihan tersendiri bagi karakter masyarakatnya. Seperti contoh, suku Sunda dengan tata bahasanya terkenal santun dan ramah-tamah, memiliki rasa kepedulian yang dalam antar sesama mereka. Atau suku Minangkabau, yang terkenal dengan tradisi ‘merantau’, mampu melahirkan manusia-manusia pekerja keras dan pantang menyerah dalam menjalani hidup. Hal ini adalah sebuah peluang bagi setiap masyarakat untuk saling belajar dan saling melengkapi. Dan dengan keberagaman budaya yang begitu melimpah, maka tentu saja begitu banyak hal yang mampu kita pelajari antara satu dengan yang lain. Dibandingkan dengan bangsa-bangsa  Asia atau Eropa pada umumnya, bangsa Indonesia memiliki jumlah kekayaan budaya yang jauh melimpah dibandingkan yang lain. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, sudahkah kita merasa memiliki kekayaan itu?

Identitas suatu bangsa ditunjukkan dari kebudayaan yang mereka miliki. Dengan adanya identitas, suatu bangsa akan memiliki eksistensinya. Keberagaman budaya adalah identitas dari bangsa Indonesia. Dan kewajiban kita semua adalah mencintai keberagaman itu. Sebagai bangsa Indonesia kita tidak hanya menjadi bagian dari sebuah lingkungan adat dan tradisi suatu suku tertentu. Tidak terbatas dari ikatan sosial dimana tanah tempat kita lahir tumbuh dan berkembang. Tapi kita adalah bagian dari bangsa besar yang memiliki ribuan adat, budaya, tradisi, suku dan keberagaman. Jika kita merasa bagian dari bangsa Indonesia maka kewajiban kita juga mencintai ribuan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa yang besar ini. Ketika kita mampu memiliki hal itu, maka warna kehidupan bermasyarakat yang sangat indah akan tercipta. Dan pada saat itulah, dunia akan melihat Indonesia sebagai sebuah simbol keharmonisan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s