…masih sangat jauh ya Allah…

Ketika hanya sedikit sekali yang terlihat dari orang-orang luar biasa yang saya temui. Ternyata jauh di balik penampilan sederhana, tersibak sejuta keberhasilan yang mereka ukir. Kita mungkin tidak pernah menyangka, ada begitu banyak berlian di balik rendaman lumpur keruh yang menjijikan. Kita tidak pernah menyangka, ada sedemikan besar gumpalan es yang terendam dibanding apa yang terlihat. Maka tidaklah mengejutkan jika dalam kesederhanaanya, seseorang memiliki kebesaran jiwa.

Lalu akhirnya kita berpikir, apa yang membuat mereka seperti itu? Tentu akan timbul begitu banyak jawaban. Mungkin mereka memang berbakat, mungkin juga karena dipaksa kondisi, mungkin hanya sekedar iseng, atau entah berbagai macam lagi alasan untuk menjadikan mereka lebih besar. Akan tetapi yang paling menarik,  sebagian diantara mereka mungkn tidak berharap menjadi seperti itu. Tidak pernah berharap menjadi apa yang mereka sekarang ada. Mereka hanya berjuang keras mempertahankan hidup dan memberikan yang terbaik untuk orang tua mereka.

Kebanyakan mereka adalah insan yang dahulu terlunta-lunta untuk segala hal. Serba kekurangan, sehingga mereka harus bersaha keras dalam setiap waktu yang mereka miliki. Belajar, berusaha keras, tidak pernah menyarah, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik, secara tidak sadar menempa mereka menjadi pedang yang sangat tajam dan tangguh. Mereka tidak pernah sadar, mereka hanya meyakini dengan sepenuh iman, sekuat karang.

Masya Allah, alangkah indah memandang sebuah berlian dalam keruhnya lumpur. Ketika mata ini mulai berkaca. Lisan ini hanya mampu melirih.

Masih jauh… masih sangat jauh ya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s