Tentang Partikel Elementer

Pada era 1970-an para ilmuwan mulai mengetahui bahwa ternyata ada banyak partikel-partikel yang lebih kecil lagi dari suatu atom. Sebelumnya orang mengetahui bahwa inti terkecil dari suatu materi adalah atom, yang terdiri dari inti atom (proton dan neutron) dan elektron.
Lalu dengan teknologi yang semakin canggih, rasa penasaran para iluwan membawa mereka untuk mengetahui lebih dalam. Lalu inti atom mulai dijadikan objek eksperimen oleh para ilmuwan. Untuk mengetahui materi penyusun inti atom, mereka terpaksa harus ‘memcahkan’ inti tersebut dengan menumbukan inti atom sejenis sehingga inti tersebut terurai. Ini seperti melemparkan buah semangka ke sebuah batu. Buah semangka hancur terurai menjadi bagian-bagian kecil yang menyusunnya.
Al hasil, dari tumbukan tadi, ternyata diketahui ada begitu banyak partikel yang lebih kecil lagi, dibandingkan dari hanya neutron dan proton. Partikel-partikel tersebut dinamakan partikel elementer.
Saking banyaknya jumlah partikel yang ditemukan, membuat para ilmuwan bersusah payah mencari simbol-simbol untuk menamai partikel-partikel elementer tersebut. Akhirnya, digunakanlah suatu metode dengan penggunaan ‘quark’ dalam memodelkan suatu partikel elementer. Quark terdiri dari 6 macam yaitu, ‘up, down, charm, strange, top, bottom’. setiap partikel elementer bisa jadi terdiri dari 2 atau 3 quark. tergantung dari karakter partikel elementer tersebut. Model ini ibarat sistem penomoran plat kendaraan bermotor yang meskipun sangat banyak, tapi tidak ada pelat nomor yang sama.
Di samping, penemuan berbagai macam partikel elementer, ternyata hal tersebut berdampak pada berbagai macam hal dalam dunia fisika. Salah satunya adalah, misteri tentang penciptaan alam semesta. Konon kabarnya ada ‘partisipasi’ quark sangat besar dalam peristiwa tersebut.

Hmmm.. sepertinya menarik..
Barakallahu fiikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s