Ciri – Ciri Orang Sukses

Ini adalah hasil dari beberapa pengamatan dengan tingkat ketelitian dalam bentuk fungsi dua variable f(x) = mx +c. Artinya, hasil riset ini boleh dipercaya atau tidak tergantung bagaimana anda menempatkan seberapa besar keyakinan Anda menjadi nilai x. hehehe Jadi intinya tidak ada paksaan bagi para pembaca untuk mempercayai pemikiran ini.🙂

Ciri-ciri mereka adalah sebagai berikut :

1. Memiliki Tujuan

Orang-orang sukses memiliki tujuan hidup yang ingin mereka capai. Tujuan yang tergambar jelas dalam bentuk yang spesifik dan mampu diukur. Bukan hal-hal yang bersifat normatif, atau tidak dapat diukur. Mari kita amati dua contoh tujuan berikut, “Saya ingin menjadi anak yang berbakti kepada orangtua.”, sedangkan yang kedua “Pada umur 30 tahun nanti saya akan menaikkan haji kedua orang tua saya.”. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu berbakti kepada orang tua, akan tetapi contoh kedua memiliki gambaran yang lebih jelas bagaimana cara mengaplikasikan tujuan yang kita capai. Semakin spesifik tujuan kita maka semakin jelas tolak ukur kesuksesan kita mencapai tujuan tersebut.

2. Menikmati Pekerjaannya

Beberapa orang mungkin harus tertatih-tatih ketika harus menjalankan pekerjaan yang tidak sesuai dengan hobi dan keterampilan yang mereka kuasai. Akan tetapi itu hanya sebuah paradigma saja. Apapun pekerjaan seseorang selama mereka berusaha menikmati pekerjaan mereka seseorang pasti mampu menggapai kesuksesan. Berbeda dengan orang yang selalu merasa tidak cocok dengan apa yang mereka kerjakan. Seharusnya saya tidak disini, seharusnya saya bekerja seperti itu.. dan lain-lain.. adalah beberapa alasan yang seringkali hanyut dalam benak seseorang ketika mereka mencapai titik jenuh dan melihat hal yang lebih pada orang lain. Dengan mencoba menyukai apa yang kita kerjakan, akan mendorong kita untuk memberikan yang terbaik.

3. Suka Berbagi Ilmu dengan Orang Lain

Ini adalah ciri-ciri orang yang sangat menyukai kebersamaan. Orang sukses akan selalu berusaha untuk menebar ilmunya walau hanya sedikit. Ketika ilmu yang mereka miliki mampu memberi manfaat bagi orang lain, maka kepercayaan orang akan meningkat. Dari sanalah akan lahir kepercayaan dan semangat kebersamaan untuk saling mendukung. Maka akan sangat mungkin, segala ujian yang  kita hadapi dalam perjalanan Insya Allah akan mendapat berbagai kemudahan lewat perantara dukungan dari orang-orang sekitar kita.

4. Menghargai Waktu

Orang sukses tentu adalah orang yang sangat menghargai waktu. Orang yang sukses tidak rela membiarkan diri mereka terhanyut dalam kelalaian. Mereka akan senantiasa memanfaatkan waktu yang ada untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya untuk tujuan mereka. Karena hidup adalah sebuah proses, maka setiap tahapan yang kita lalui hendaknya kita jalani dengan sebaik-baiknya. Dengan menghargai waktu, tidak hanya memberi manfaat bagi diri kita sendiri, tapi mungkin saja ketepatan waktu juga menjadi pertolongan bagi orang lain. Semakin disiplin seseorang terhadap waktu, semakin banyak persiapan mereka untuk meraih tujuan mereka.

5. Berani Berbeda

Yang menjadikan seseorang itu diingat oleh orang lain adalah perbedaannya. Setiap orang dilahirkan berbeda satu dengan yang lain. Bahkan dalam pada kembar identik sekalipun, masih terdapat perbedaan diantara mereka. Dari sebuah perbedaan akan menghasilkan ciri khas tertentu. Akan tetapi berani berbeda bukan berarti selalu menolak masukan dari orang lain. Berani berbeda memiliki arti dorongan untuk melakukan kreativitas. Memberikan ide-ide untuk menemukan jalan meraih tujuan yang ingin dicapai. Seperti memilih jalan yang sepi tapi penuh tantangan atau jalan lapang yang macet karena terlalu ramai.

6. Evaluasi

Ini adalah bagian penting bagi setiap orang yang haus akan kesuksesan mereka. Mengevaluasi diri, bukan hanya ketika mengalami kegagalan, tapi juga ketika mengalami sebuah kesuksesan. Evaluasi menjadi hal yang sangat penting. Karena dari sini kita mengetahui kekurangan dan kelebihan kita ketika melalui sebuah proses. Semakin baik evaluasi yang kita lakukan. Maka semakin besar kemungkinan kita untuk memperbaiki diri.

Apakah Anda adalah orang yang memiliki ciri-ciri di atas? Jika hingga saat ini kesuksesan ternyata belum menghampiri Anda, mungkin saja Allah sedang menikmati perjuangan Anda dan tangah mempersiapkan hadiah yang lebih mulia untuk Anda.  Maka dari itu, jangan mudah berkecil hati dan putus asa. Semoga mampu menjadi pelajaran dan memberi manfaat.🙂

2 thoughts on “Ciri – Ciri Orang Sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s