"Kepemimpinan" versi Avatar (movie)

Kali ini hanya ingin sedikit berbagi cerita tentang kepemimpinan. Dengan inspirasi salah satu film sci-fiksi paling laris sekitar tahun 2009. Yah, Avatar. Film fiksi ilmiah karya sutrada James Cameron membawa kita ke fantasi indah akan sebuah negeri yang begitu menjaga keseimbangan alam mereka. Menariknya, peran antagonis justru diperankan oleh para manusia, tidak seperti film biasanya. Yang pasti untuk saya. film ini sangat menarik. d^^b

1228-science-avatar-movie_full_600

Dari hasil penelitian (menonton) secara berulang-ulang, ada beberapa catatan penting tentang kepemimpinan yang bisa diambil dari film tersebut.

Gelisah akan sesuatu yang salah

Kegelisahan terjadi ketika Jake Sully (Sam Worthington) pertama kali memasuki lingkungan di tempat baru ia bekerja. Planet Pandora. Dimana tempat para manusia menemukan sumber mineral baru untuk tambang. Tentara yag dahulunya adalah seorang pejuang gagah yang rela mati demi bangsanya, hanya menjadi tentara yang dibayar untuk melindungi perusahaan penambang. Sebagai seorang prajurit, ia tetap harus melakukan tugas. Meskipun dalam hatinya, ada hal yang begitu bergejolak.

Kegelisahan adalah tanda seseorang memiliki prinsip. Ketika ia melihat ada sesuatu yang salah, ia lantas tidak menerima begitu saja. Meskipun keadaan memaksanya mengikuti hal itu. Kegelisahan ini, menjadi karakter seorang pemimpin yang memiliki jiwa membela kebenaran. Karena kegelisahan menjadi awal perjuangan bagi mereka yang menghendaki kebenaran dimanapun ia berada.

Kekurangan bukan Kelemahan

Sosok Jake Sully, adalah prajurit yang lumpuh. Selalu berjalan di atas kursi roda, meskipun ia adalah seorang prajurit. Cemooh dan ejekan sama sekali tidak menjadi melemahkan dirinya. Bahkan, ia menolak untuk dibantu ketika harus bangun dari kursi rodanya.

Kekuatan hati, jauh lebih penting daripada kekuatan fisik. Setiap orang mungkin tidak dianugerahi fisik yang sempurna. Tapi kekuatan hati adalah milik semua orang untuk memilikinya. Terlebih bagi seorang pemimpin. Kekuatan hati menjadikan mereka lebih kuat di banding yang lain.

Berani Mengambil Resiko

Ini dia, ketika Jake Sully berusaha menaklukkan Toruk. Agar nantinya ia mampu kembali kepada rakyat Omaticaya yang telah membuangnya. Dan menjadi satu-satunya harapan untuk mempersatukan klan di berbagai penjuru. Berjuang bersamanya untuk melawan ancaman dari manusia yang ingin menghancurkan rumah mereka. Baginya, bersatu adalah harga mati. Dan untuk mewujudkan hal itu, ia harus menaklukan moster ganas bernama Toruk. Setelah menaklukkan monster Toruk, ia kembali dengan membawa harapan, menyatukan seluruh klan untuk berjuang bersama.

Disini adalah ujian seorang pemimpin. Ketika ia harus berani mengambil resiko lebih dibanding yang lain, untuk sebuah harapan. Terkadang ia harus berjuang sendiri untuk mengalahkan rasa takutnya. Hingga pada akhirnya ia datang dengan membawa harapan besar bagi orang lain. Intinya, seorang pemimpin seharusnya memiliki keberanian yang lebih dibandingkan yang lain.

Berpegang Teguh pada Keyakinan

Meski sudah mengumpulkan seluruh klan untuk melawan manusia. Mereka tetap tidak mampu mengalahkan serbuan pasukan militer. Di saat keterpurukan itu benar-benar di depan mata, akhirnya seluruh hutan mendengar doanya. Seluruh penghuni hutan, para binatang dan mahluk-mahluk angkasa ikut membantu. Hingga akhirnya, keadaan menjadi berbalik dan mereka mampu memukul mundur pasukan militer.

Tidak ada yang lebih kuat dibandingkan keyakinan. Ketika keputusasaan menghantui orang-orang di sekitarnya. Maka keyakinan seorang pemimpin yang menjadi harapan bagi semua. Karena terkadang, Allah tengah melihat keyakinan kita akan sebuah perjuangan. Ketika pada waktunya tiba, Ia akan menunjukkan jalan yang teramat indah untuk membantu jalan kita.

Kepemimpinan adalah kewajiban setiap orang. Menjadi pemimpin yang kuat adalah harapan semua orang. Bangsa ini rindu akan pemimpin-pemimpin kuat yang memiliki visi dan keyakinan yang kuat untuk memberi manfaat, melakukan perbaikan, menjadi kekuatan selalu memberi yang terbaik.

Semua dapat diawali dengan kegelisahan, melihat kekurangan sebagai kelebihan, lalu bertindak berani mengambil resiko untuk sebuah harapan, hingga akhirnya meletakkan keyakinan sembari berjuang dengan sekuat tenaga. Semoga bermanfaat.

“THIS IS OUR LAND…!!! ”  ‘O’/

avatar_banner_m