Mengenal Wanita Solehah

Eiiits, jangan mikir yang aneh-aneh dulu ya soal judulnya. Ini bukan postingan berita galau dari penulis lho. Cuma pingin berbagai ilmu yang saya dapat dari tausyiah singkat menjelang  shalat tarawih. Karena judulnya cukup menarik jadi saya pikir alangkah baiknya untuk dibagi. Terutama untuk para ikhwan yang kini tengah mencari jodohnya. hehehe Tentunya wanita solehah menjadi dambaan bagi setiap laki-laki yang menginginkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Kesuksesan para nabi dalam menyiarkan agama islam juga tidak terlepas dari peran para wanita yang menjadi istri mereka. Lihat saja contoh Siti Khadijah dan Siti Hajar. Dua wanita solehah yang menjadi kunci kesuksesan syiar Nabi Muhammad saw dan Nabi Ibrahim as. Keduanya begitu taat pada dalam menjalankan perintah Allah. Bagaimana cara mereka berbakti pada suami, cara mereka mengasuh anak dan mengemban amanah menjaga ketentraman dalam keluarga. Sebaiknya menjadi teladan bagi para wanita untuk membentuk diri menjadi pribadi yang mulia.

Dari beberapa hal yang disampaikan, ada beberapa ciri-ciri wanita solehah.

Aqidah

Wanita solehah terbentuk dengan landasan aqidah yang kuat. Hal ini terlihat dari kuantitas dan kualitas ibadah yang ia kerjakan. Baik ibadah wajib maupun sunnah dijalankan dengan penuh keikhlasan dan konsisten. Tidak peduli ibadah yang dilakukan pada keramaian atau kesendirian. Semua dijalani dengan ketulusan hati hanya karena Allah semata. Landasan aqidah yang kuat akan menjadi dasar yang pokok bagi seorang manusia. Kuat tidaknya aqidah yang nantinya akan menentukan tingkah laku keseharian seseorang. Dan yang terpenting dari aqidah seorang wanita terlihat dari bagaimana cara ia menjaga auratnya.

Berilmu

Ia mengerjakan sesuatu bukan sekedar ikut-ikutan. Segala hal terkait ibadah ataupun dalam menyatakan pendapat didasari dengan ilmu. Wanita seperti ini sangat bersemangat untuk menggali ilmu dimanapun ia berada. Ia selalu menjadikan setiap kejadian, pengalaman menjadi sebuah pelajaran bermakna. Tidak hanya itu, wanita berilmu akan sangat menentukan kecerdasan anak, karena nantinya ia akan menjadi seorang ibu yang menjadi guru utama bagi sang anak. Semakin banyak ilmu yang dimiliki oleh seorang wanita, maka semakin besar kesempatan mencetak generasi-generasi yang berkualitas.

Sederhana

Kesederhanaan bisa dinilai dari penampilan mereka. Mereka tidak malu berpakaian sederhana. Akan tetapi bukan berarti kotor atau ketinggalan zaman. Ia menjauhkan diri dari segala yang berlebihan. Namun bukan berarti tidak ingin terlihat indah. Ia selalu menjaga auratnya dari cara mereka berpakaian, maupun bertingkah laku sehari-hari. Hal ini penting karena sifat berlebihan akan mendorong pada perilaku boros yang tidak disukai oleh Allah. Sifat yang kebanyakan kaum wanita sulit untuk melawannya. Dalam berumah tangga nantinya, seorang wanita akan menjadi manajer keuangan keluarga. Sehingga akan sangat menentukan kondisi perekonomian keluarga.

Pembantu

Pembantu disini bukan berarti konotasi sebagai pelayan rumah tangga. Pembantu yang dimaksud lebih pada seseorang yang selalu berusaha membantu. Baik dalam hal mengingatkan akan hal-hal kebaikan ataupun sifat suka menolong. Memiliki jiwa sosial yang tinggi akan sesama. Wanita seperti ini senantiasa menebar kasih sayang dimanapun ia berada. Sehingga mampu memberi manfaat bagi siapapun atas dasar keikhlasan.

Juru Dakwah

Seorang wanita solehah tidak hanya belajar untuk dirinya sendiri. Ilmu yang ia dapatkan, menjadi bekal untuk berdakwah bagi sesama. Ia menjadi teladan diantara para wanita untuk selalu menjaga kemuliaannya. Ia juga tidak pernah puas untuk mengajak sesama muslimah menjadi seorang wanita yang sesuai dengan ajaran agama.

Tidak salah jika ada seorang bijak yang mengatakan, “Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas para kaum wanita.” Setiap wanita akan menjadi seorang ibu. Peran yang sangat vital untuk menentukan kecerdasan seorang anak. Semakin baik ilmu yang dimiliki oleh seorang wanita. Maka semakin berkualitas generasi yang akan dihasilkan. Selain itu, seorang ibulah yang berperan menjaga kesejukan suasana keluarga. Sehingga tercipta kasih sayang dan keharmonisan dalam rumah tangga. Ketika kebutuhan akan kebahagiaan dalam rumah tangga terpenuhi, maka akan lebih mudah bagi anggota keluarga yang lain untuk menebar kasih sayang di luar. Maka tidak heran, jikalau kekuatan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kondisi kaum wanita.

 “Wanita solehah itu adalah lebih baik daripada dunia dan seisinya. “ (Al Hadist)

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Mengenal Wanita Solehah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s