Orang Pintar yang Menjadi Teladan

Setiap tahun sekitar 650.000 sarjana lahir di seluruh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Kurang dari 1 % jumlah dari penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta. Sangat kecil untuk membawa banyak perubahan di berbagai bidang kehidupan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor terhambatnya pemerataan pembangunan di Indonesia.

Secara geografis kita sangat diuntungkan dengan luasnya wilayah Indonesia yang meliputi Sabang hingga Merauke. Potensi sumber daya alam yang melimpah ruah dan posisi yang strategis. Sayangnya jumlah orang pintar yang di Indonesia tidak cukup banyak untuk mengelola secara baik segala potensi yang ada.

Kondisi tersebut membuat kita terpaksa menerima pihak-pihak asing untuk ikut membantu memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di bumi pertiwi. Akan tetapi, bantuan teknologi yang diberikan hingga saat ini, ternyata belum mempu memperbaiki kesejahteraan dan kualitas hidup penduduk di Indonesia. Hingga saat ini masih tercatat sekitar 28 juta jiwa penduduk dalam status miskin.

Permasalahan yang besar dan kecilnya jumlah sumber daya manusia berkualitas menuntut masyarakat terdidik untuk memberi lebih bagi bangsanya. Tidak hanya berpikir pragmatis, yang menggunakan gelar sarjana sekedar bekal memperoleh pekerjaan dengan gaji yang layak. Lalu lupa akan nasib puluhan juta rakyat yang masih menderita.

Seorang yang terdidik harus mampu menjadi teladan dimanapun mereka berada. Hal ini penting untuk memberi pelajaran tidak hanya bagi mereka yang tidak mampu meraih pendidikan yang layak, namun juga menjadi pelajaran bagi mereka yang memiliki kesempatan memperoleh pendidikan yang layak namun belum mampu memberi manfaat bagi orang di sekitar mereka.

Jumlah yang sedikit bukan berarti tidak mampu berbuat banyak hal. Jika setiap orang sadar agar mampu menjadi teladan yang baik bagi orang lain maka niscaya akan banyak perbaikan yang nantinya akan tercipta di negeri ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s