Apa Kabar FMIPA 2014?

Kajian Internal BPM FMIPA UI Tentang Isu Pemira

Kamis, 7 November 2013 @Sekretariat BPM FMIPA UI

Waktu menunjukkan pukul 18.00 WIB. Verifikasi berkas Pemilihan Raya FMIPA UI 2013 juga telah selesai dilaksanakan. Hasilnya, 22 orang calon penerus lembaga kemahasiswaan di FMIPA UI telah diuji kelayakannya secara berkas dengan rincian seperti pada tabel berikut :

Jenis Pencalonan HMD BPM BEM
Matematika

2

1

0

Fisika

3

3

Kimia

1

0

Biologi

2

5

Geografi

3

2

Total

11

11

Apa pendapat teman-teman MIPA dari angka-angka tersebut? Apakah sudah cukup banyak? Terlalu sedikit? Ada masalah besar? Atau hanyalah masalah kecil yang tidak perlu ditanggapi secara serius oleh teman-teman MIPA?

Apapun pendapat dari teman-teman MIPA tentang tabel tersebut, dari sudut pandang BPM FMIPA UI ada 3 masalah yang bisa menjadi catatan khusus untuk teman-teman MIPA :

  • Belum ada satupun pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM yang mendaftarkan diri menjadi Peserta Pemira FMIPA UI 2013.
  • Masih ada Departemen di FMIPA UI yang belum mempunyai Calon Anggota Independen BPM sesuai dengan kuota yang ditetapkan BPM. Bahkan, bisa dikatakan hanya Calon Anggota Independen BPM dari Biologi yang tergolong aman dari kuota.
  • Baru ada Calon Ketua HMD Kimia tunggal yang yang mendaftarkan diri menjadi Peserta Pemira FMIPA UI 2013.

Memang statistik tabel di atas masih bisa berubah (baca : bertambah), karena dari Panitia Pemira FMIPA UI 2013 sendiri masih memberikan sedikit kesempatan untuk semua calon yang sudah mengambil berkas pendaftaran, untuk mengumpulkan maupun melengkapi berkas pendaftaran sebelum tanggal pengumuman calon (Sabtu, 9 November 2013).

Namun, mari kita bertanya bagaimana jika seandainya hingga tanggal 9 November 2013 statistik tersebut tidak berubah? Bagi BPM FMIPA UI sendiri, hal tersebut menjadi indikasi awal bahwa krisis di lembaga masih belum juga teratasi sepenuhnya di tahun ini. Namun apa yang bisa dilakukan selanjutnya?

Berikut adalah jawaban dan langkah-langkah yang akan dilakukan BPM FMIPA UI atas masalah tersebut, mengacu pada Ketetapan BPM No. No : 16/TAP/BPM FMIPA UI/X/2013 tentang Tata Tertib Pemira dan PPLK FMIPA UI.

Masalah Pencalonan Ketua dan Wakil Ketua BEM FMIPA UI (Pasal 11)

  1. Pada kondisi normal, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM hanya bisa dilakukan jika ada 2 pasang calon atau lebih. (Pasal 11 ayat 3)
  2. Jika kondisi di atas tidak terpenuhi, maka atas rekomendasi para Ketua Lembaga Kemahasiswaan di FMIPA UI, BPM menetapkan 2 pasang calon untuk mengikuti alur Pemira selanjutnya (Pasal 11 ayat 4).
  3. Jika mekanisme tersebut gagal, maka semua Ketua HMD wajib mengajukan diri menjadi calon Ketua dan/atau Wakil Ketua BEM (Pasal 11 ayat 5).
  4. Jika mekanisme tersebut kembali gagal, maka akan ada mekanisme khusus” yang ditetapkan dalam Sidang Pleno Tertutup BPM. (Pasal 11 ayat 6)

Jadi secara singkat, jika hingga tanggal 9 November nanti belum ada satupun pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM yang mendaftarkan diri menjadi Peserta Pemira FMIPA UI 2013, maka mekanisme pada poin 2 harus dijalankan dalam waktu dekat ini.

Masalah Pencalonan Anggota Independen BPM FMIPA UI (Pasal 9)

  1. Pada dasarnya, kuota jumlah Anggota Independen BPM terpilih untuk masing-masing departemen ditentukan dalam Sidang Pleno Tertutup BPM. (Pasal 9 ayat 3)
  2. Jika setelah Pemira kuota tidak terpenuhi, maka anggota BPM dari departemen yang bersangkutan dipilih dari mahasiswa Departemen tersebut melalui Musyawarah Mahasiswa yang dilaksanakan oleh anggota BPM dari departemen bersangkutan yang ditetapkan oleh Ketetapan BPM (Pasal 9 ayat 4).
  3. Jika mekanisme tersebut kembali gagal, maka akan ada mekanisme khusus” yang ditetapkan dalam Sidang Pleno Tertutup BPM. (Pasal 9 ayat 6).

Jadi secara singkat, tahapan Pemira untuk Calon Anggota Independen BPM tetap akan berjalan sesuai jadwal terlepas dari berapapun jumlah calonnya. Namun akan menjadi pekerjaan rumah bagi departemen yang kurang dari kuota, untuk memilih anggota BPM tambahan untuk memenuhi kuota tersebut.

Masalah Pencalonan Ketua HMD Departemen se-MIPA (Pasal 13)

  1. Pada kondisi normal, Pemilihan Ketua HMD hanya bisa dilakukan jika ada 2 calon atau lebih. (Pasal 13 ayat 3)
  2. Jika kondisi di atas tidak terpenuhi, maka Ketua HMD dan anggota BPM dari departemen yang bersangkutan mengadakan Musyawarah Mahasiswa Departemen untuk menentukan calon Ketua HMD (Pasal 13 ayat 4).
  3. Jika mekanisme tersebut kembali gagal, maka akan ada mekanisme khusus” yang ditetapkan dalam Sidang Fraksi Departemen yang bersangkutan. (Pasal 13 ayat 5)

Jadi secara singkat, jika hingga tanggal 9 November nanti belum ada tambahan Calon Ketua HMD Kimia yang mendaftarkan diri menjadi Peserta Pemira FMIPA UI 2013, maka mekanisme pada poin 2 harus dijalankan dalam waktu dekat ini.

Memang mekanisme yang diatur dalam Ketetapan BPM ini menjamin bahwa tidak ada lagi yang namanya krisis calon penerus lembaga kemahasiswaan di FMIPA UI. Namun satu hal yang harus disadari bahwa keberlangsungan suatu organisasi tidak hanya sekedar tentang kuantitas, namun juga tentang kualitas dari calon-calon tersebut.

Jadi satu hal yang harus kita pahami bersama, bahwa sekalipun calon-calon penerus lembaga kemahasiswaan ini nantinya ada yang tidak sepenuhnya mengikuti tahapan Pemira FMIPA UI 2013, pastikan bahwa mereka juga layak untuk meneruskan kinerja dari lembaga kemahasiswaan di FMIPA UI, terutama BEM, BPM, dan HMD menjadi lebih baik.

Yudhistira

Matematika 2010

Wakil II BPM FMIPA UI 2013

Sumber : http://bpmfmipaui.wordpress.com/2013/11/09/apa-kabar-pencalonan-kita-untuk-fmipa-2014-masalah-dan-langkah-legal-dari-sudut-pandang-bpm-fmipa-ui/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s